Ahlan Wasahlan.


Myspace Banner Generator @ JellyMuffin.com

Kamis, 17 Juli 2008

Filsafat Umum

MAKNA TENTANG PHILOS, SHOPOS, PHILEIN, DAN SHOPIA

* Filsafat berasal dari bahasa Yunani Philosophia dan philoshophos, philos berarti cinta dan shopia atau shopos berarti kebijaksanaan, pengetahuan dan hikmah.

* Harun Nasution beranggapan bahwa filsafat berasal dari bahasa Yunani yang struktur katanya berasal dari kata philien dalam arti cinta dan shopos dalam arti wisdom.

* Ali Mudhafir berpendapat bahwa kata filsafat dalam bahasa Indonesia memiliki padanan kata falsafah (Arab), phyloshophy (Inggris), Philoshopie (Jerman, Belanda, dan Prancis), semua kata itu berasal dari bahasa Yunani yaitu philien, philos, dan shopia, philien berarti mencintai, philos berarti teman dan sophos berarti bijaksana, shopia berarti kebijaksanaan.

* Menurut Ali Mudhafir ada dua arti secara etimologi dari kata filsafat, pertama, filsafat mengacu pada kata philien dan shopos maka ia berarti mencintai hal-hal yang bersifat bijaksana (ia menjadi sifat), kedua, apabila filsafat mengacu pada asal kata philos dan shopia maka ia berarti teman kebijaksanaan (filsafat menjadi kata benda).

* M. Rasjidi dan Harifuddin Cawidu menyatakan bahwa falsafah berasal dari bahasa Yunani yakni dari kata philosophia yang terambil dari asal kata philo atau philein yang berarti cinta (loving) dan shopia yang berarti pengetahuan, kebijaksanaan (hikmah atau wisdom). Jadi philosophia artinya cinta kebijaksanaan.

MANFAAT BELAJAR FILSAFAT

Sebagai seorang akademis harus berfikir kritis karena merupakan sebagai salah satu ciri orang yang berfilsafat, dari belajar filsafat kita dapat berpikir dari suatu masalah yang timbul dalam kehidupan yang sebagai objeknya yaitu alam dan manusia, mencari jawaban hakikat yang sebenarnya dengan cara berfikir yang mendalam, dengan pemikiran tersebut kita dapat mengetahui suatu keputusan terhadap suatu permasalahan dan keputusan tersebut dapat dipertanggung jawabkan. Dan dengan berfilsafat kita dapat mencapai suatu tujuan yang diinginkan.

Tidak ada komentar: